Pengertian Kata kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Inggris

Pengertian Kata Kerja Transitif dan Intransitif Verb - Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah transitif dan intrinsitif. Jika kalian mencari sebuah kata kerja dalam kamus, maka kata yang kamu temukan biasanya termasuk dalam kata kerja transitif atau intransitif. Transitif verb adalah kata kerja yang membutuhkan objek sedangkan Intransitif verb tidak. Tanpa objek, kalimat tansitif tidak memiliki arti yang jelas. Sedangkan intransitif, meskipun tidak memiliki objek, kalimat tetap jelas. Berikut ini masing-masing contoh kalimat Transitif dan Intransitif:

Pengertian Kata kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Transitif:
lend some money
buy a house
eat pizza

Pada contoh kalimat diatas, kata lend, buy, dan eat adalah contoh kata kerja transitif sebab tidak dapat diterapkan tanpa diikuti objek.  Jika kamu mengatakan hanya: I lend, I buy, atau I eat, maka kalimat akan terlihat tidak lengkap atau rancu karena akan menimbulkan pertanyaan seperti, apa yang dipinjam?, apa yang di beli?, dan apa yang dimakan?.

Contoh Kalimat Intransitif:
smile (Saya tersenyum)
cry (Saya menangis)
run (Saya berlari)

Pada contoh kalimat diatas, kata smile, cry, run, berarti termasuk dalam kata intransitif karena dapat diterapkan tanpa harus diikuti objek. Meskipun tak memiliki objek, kalimat akan tetap dapat dimengerti. Ok, itu saja sedikit penjelasan tentang Kata kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan bermanfaa!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.