Perbedaan Simple Present Tense, Simple Past Tense, Simple Continuous Tense, dan Simple Future Tense

Kenapa sih kita harus belajar tenses? 

Pernahkah Anda mendengar bahwasanya jika kita paham tentang penggunaan tenses maka kita dianggap mampu memahami bahasa Inggris 60%? Pernyataan tersebut memang benar, sebab setiap kita menyusun kalimat dalam bahasa inggris, tidak lain kita membutuhkan yang namanya aturan tenses atau grammar. 

Misalkan, jika kamu mau bilang "apa kabar", susunan English yang benarnya adalah "How are you?". Kenapa bukan "how you are?" Nah itulah sebabnya kita harus belajar grammar khususnya bagaimana menyusun tenses. 

Coba diingat kembali, kira-kira sejak kapan Anda telah belajar tenses?..

Dari SD, SMP, dan SMA, kita sudah tidak asing lagi dengan pelajaran ini. Hampir disetiap mata pelajaran bahasa inggris, kita selalu bersinggungan dengan grammar yang isinya itu kebanyakan membahas tentang tenses. 

Namun pertanyaannya, kenapa sampai sekarang kita belum memahaminya juga? Saya tidak tahu mungkin itu karena penjelasan guru Anda yang tidak pernah Anda pahami, atau bisa jadi mungkin Anda pernah paham tetapi Anda sudah lupa karena lama tidak direview.

Nah, untuk itu, pada kesempatan ini, izinkan saya akan memberikan penjelasan kepada kalian tentang permbahasan tenses yang bisa membuat Anda langsung mudah memahaminya serta akan selalu melekat dikepala Anda tanpa takut lupa lagi.

1. Simple Present Tense (Sekarang)

Simple present tense adalah kalimat yang menyatakan suatu fakta, kebiasaan yang diulang-ulang, dan kejadian saat ini (ingat, bukan kejadian yang sedang berlangsung yah!). 
Saya tahu pasti Anda sudah sangat familiar dengan pengertian diatas. Tetapi sebenarnya, apa maksud dari definisi tersebut?

Maksud dari Simple present yg menyatakan tentang FAKTA

Fakta beruang kutub: 
1. Polar bears don’t live in hot places. (-)
(Beruang kutub tidak hidup di tempat yang panas)
2. They live in the North Pole. (+)
(Mereka tinggal di kutub utara)
3. Do they eat fruit and vegetables? (pertanyaan)
(Apakah mereka makan buah-buahan dan sayuran?)
4. Tidak. Mereka makan ikan. (jawaban)
(No, they don’t. They eat fish.)

Nah, sekarang coba teman-teman perhatikan dengan saksama untuk bagian kata yang diberi warna merah, maka kita akan tahu bahwa jika kita ingin menyatakan suatu fakta, 

1.Pada kalimat negatif (keterangan tidak) kita menggunakan do not / don't. Kita tidak boleh hanya menggunakan "not" saja. Seperti "Polar bears not live in hot places". Itu salah. Harus mengunakan don't kemudian diikuti kata kerja. Maka akan menhasilkan rumus : S+Don't/Doesn't+V+O

2. Pada kata positif, kita tidak perlu menambahkan kata apapun sebelum kata kerja (Seperti pada contoh fakta no 2 diatas). Maka rumusnya simple saja : S+V+O. (Kalimat pada umumnya).

3. Pada kalimat tanya, diawal kalimat, kita harus menambahkan kata "Do/Does" (Ingat!!). Jadi rumusnya adalah Do/Does+subject+V1+O.  Jadi, semua kalimat yang diawali dengan kata "Do/Does", adalah kalimat tanya dalam simple present tenses. 

4. Pada kalimat jawaban, jawabannya tidak serta merta seperti kita di Indonesia, sekedar "Ya" atau "Tidak". Tetapi pola nya adalah kita katakan dulu "Yes" kemudian diikuti dengan Subject selanjutnya Don't/Doesn't.  

Maksud dari Simple present yg menyatakan tentang Kebiasaan

Kebiasaan Angel:
1. Angel always plays tennis everyday 
(Angel selalu bermain tennis setiap hari)
2. Angel doesn't play football everyday
(Angel tidak bermain bola setiap hari)
3. Does Angel exercise everyday?
(Apakah Angel berolahraga setiap hari?)
4. Yes. She does 
(Ya)

Baca juga : Belajar Present Perfect Continuous Tense
Setelah teman-teman memperhatikan gambar dan juga kebiasaan Angel, coba perhatikan pada bagian kata yang diberi warna hijau. Ini menunjukan bahwa kalimat yang menyatakan tentang kebiasaan pasti selalu:

1. Ada kata seperti : always, often, rare (jarang), sometimes (kadang-kadang), dan never (tidak pernah) sebelum kata kerjanya. 

2. Diakhir kalimat, terdapat ekspressions seperti : everyday, every morning, every weekend, dll. 

3. Penggunaan Do/Does dan Don't/Doesn't juga berlaku pada saat kita menyatakan tentang kebiasaan. Intinya sama seperti saat berbicara tentang Fakta. 

Maksud dari Simple present untuk Kejadian/Keadaan Saat Ini

Kejadian atau kondisi orang ini saat ini:
1. He works in an office
(Dia bekerja disebuah kantor)
2. He is a businessman
(Dia adalah seorang pengusaha)
3. Is he a businessman?
(Apakah dia seorang pengusaha?)
4. Yes, He is.
Dari apa yang kita lihat diatas, coba teman-teman perhatikan bagian kata atau huruf yang diberi tanda merah dan orange, bahwa:

1. Setiap subjek (penderita) orang ketiga (She, He, It), dikata kerjanya harus ditambahkan akhiran "s". Seperti : He works.., She works..., dan It works... 
2. Disini jangan bingung. Jika kita mau bilang profesi seseorang, kita harus tambahkan tobe (am, is, are) sebelum profesi orang tersebut. Misalkan, I am a teacher, She is a businesswoman, She is handsome, dll (sebenarnya bukan hanya untuk profesi).
3. Begitupun pada kata tanya, jika kita ingin menyanyakan profesi, maka kita harus mengawalinya dengan (To be) pada kondisi ini adalah "Is" .
4. Nah begitupun dengan jawabannya, setelah mengatakan Yes, maka ikuti dengan to be. Jika Ya, maka jawabannya, Yes, He is.. Dan jika tidak, maka Yes, He is not.

2. Simple Past Tense (Kemarin)

Simple past tense ini menjelaskan suatu keadaan atau aksi yang sudah terjadi seperti kejadian kemarin, tadi malam, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu, atau beberapa jam yang lalu. 

Contoh:
Kegiatan/kondisi saya kemarin:
1. I went to campus yesterday 
(Saya pergi ke kampus kemarin) => Kegiatan lampau
2. I was in campus yesterday 
(Saya berada dikampus kemarin) =>Keadaan lampau
3. Did they go to campus yesterday?
(Apakah saya pergi ke kampus kemarin ?)
4. Yes, I did.
(Ya).

Sekarang perhatikan setiap kata yang diberi warnya hijau, biru, dan merah. Pada kegiatan atau kondisi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa :
1. (Warna Hijau) Kata kerja dasar/V1 "go" di rubah menjadi bentuk past menjad bentuk kedua/V2 "went" ketika kita membicarakan kegiatan yang sudah lampau. Contoh perubahan verb lain: Sleep menjadi slept, eat menjadi ate, fly menjadi flew, dll.

2. (Warna biru) Biasanya kata yang menunjukan bahwa itu adalah bentuk lampau ditandai dengan adanya kata keterangan seperti: Yesterday, last night, last month, last week, dll.. 

3. (Warna merah) Jika kita ingin mengungkapkan suatu kondisi, maka to be dasar (am, is, are,) dirubah ke bentuk lampau atau kedua yang mana dari am menjadi was, is menjadi was (tetap), dan are menjadi were

4. Pada kalimat tanya, sama seperti simple present tense, kita mengawali kalimat dengan kata did jika itu adalah aksi. Dan ingat, kata kerja tetap menggunakan kata kerja bentuk pertama / V1 jika dalam pertanyaan. Sedangkan jika keadaan, gunakan was atau were. 
Rumus Kegiatan: Did+Subject+V1(tidak berubah)+O
Rumus Keadaan: Subject+was/were+..

5. Untuk kalimat jawaban, cukup Yes atau Not, diikuti dengan Subject+did/didin't, were/weren't, dan was/wasn't.

3. Simple Continuous Tense (Sedang)

Simple Continuous Tense adalah kejadian yang sedang berlangsung saat ini. Ingat, seperti yang sudah saya jelaskan, kejadian sekarang dan yang sedang berlangsung itu berbeda. Kejadian yang sedang berlangsung berarti kita sedang melakukannya, kegiatannya belum berakhir. Jika kegiatannya sudah berakhir, maka itu adalah simple past. Jika kegiatannya antara sedang berlangsung dan terjadi sekarang, itu adalah simple ptersent. Awas.. jangan bingung.. !! Namun pada pembahasan kali ini, kita akan fokus pada hal yang SEDANG BERLANGSUNG saat ini. 

Contoh:
Kegiatan yang sedang kamu lakukan saat ini:
1. "You are reading article about "Cara memahami tenses" now"
(Kamu sedang membaca sebuah artikel tentang "cara memahami tenses" sekarang.) 
2. You are using laptop now.
(Kamu sedang menggunakan laptop sekarang)
3. You are alone now.
(Kamu sekarang lagi sendiri)
3. Are you reading an article? 
(Apakah kamu sedang membaca sebuah artikel?)
Yes, you are. 
Sekarang perhatikan bagian-bagian yang diberi warna hijau dan merah. Dari situ kita dapa melihat bahwa ketika kita ingin mengatakan sesuatu  yang sedang berlangsung, kita harus:

1. Menambahkan ing pada kata kerja. Seperti read menjadi reading.
2. Sebelum kata kerja tadi, didepan nya harus ada to be. Seperti are reading, are watching, dll..
3. Simple Continues selalu di akhiri dengan kata keterangan seperti : now, at the moment, dll..
4. Jika ingin bertanya tentang kejadian yang sedang terjadi sekarang, harus diawali dengan to be.
5. Untuk kalimat jawaban, harus di awali dengan yes atau not kemudian disusul dengan to be nya.. 

4. Simple Future Tense (Besok)

Simpe past tense menjelaskan kejadian atau rencana yang akan datang. Umumnya simple future tense inilah yang paling mudah dipelajari diantara semua tenses. Kenapa, karena tidak ada perubahan atau pun penambahan kata kerja. Yang ada hanyalah tambahan will dan will not. 

Contoh :
Rencana saya besok:
1. I will go to Malaysia by plane tomorrow
(Saya akan pergi ke Malaysia naik pesawat besok)
2. I will not be long there)
(Saya Tidak akan lama disana)
3. Will I stay there?
(Apakah saya akan tinggal disana?)
4. No. I will not
(Tidak)
Sangat mudah bukan? Baik mari kita lihat pembahasannya. Sekarang perhatikan kata atau kalimat yang sudah diberi warna merah. Sekarang, kita dapat menyimpulkan bahwa:

1. Jika kita ingin membicarakan sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang, sebelum kata kerjanya, kita harus menambahkan kata "will" atau "will not/won't"
2. Seperti biasa, untuk kalimat tanya, awali kalimat dengan kata will kemudian diikuti subjek
3. Untuk jawaban sendiri, Yes atau Not, kemudian tambahkan I will atau I will not

Sekian.. semoga membantu (y) ;)

Tag:
belajar tenses pdf
rumus bahasa inggris grammar
bahasa inggris angka 16
16 rumus tenses bahasa inggris dan tips menghafalkannya
cara mudah belajar tenses
belajar tenses untuk pemula
pola tenses bahasa inggris
16 tenses in english

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.