Pengertian dan Contoh Reguler dan Irreguler Verb 1 2 3 serta Artinya dalam Bahasa Inggris

Contoh Reguler dan Irreguler Verb 1 2 3 dan Artinya dalam Bahasa Inggris - Baik hari ini kita akan membahas tentang Contoh Reguler dan Irreguler Verb 1 2 3 dan Artinya dalam Bahasa Inggris. Pasti teman-teman sudah sering mendengar istilah kata kerja 1 (Verb1) kata kerja 2 (verb2) dan kata kerja 3 (Verb3) dalam bahasa Inggris. Misalkan dari kata Write (V1) ==> Wrote (V2)==>Written (V3).

Apa itu Verb 1 2 3?

Pengertian dan Contoh Reguler dan Irreguler Verb 1 2 3 serta Artinya dalam Bahasa InggrisKasus perubahan kata dari "write" hingg ke "written" diatas memiliki arti yang sama. Hanya saja, perubahan tersebut menandakan bahwa WAKTU dari kejadian tersebut berbeda. Jadi ini hanya persoalan kapan kejadian itu berlangsung. Bahasa sederhananya, Jika kita menggunakan "Write", berarti kita sedang menjelaskan sesuatu yang terjadi sekarang. "Wrote", untuk waktu yang sudah lewat atau lampau. Sedangkan "Written" untuk kejadian yang sudah selesai dikerjakan.

Itulah yang membedakan Inggris dan Indonesia, di Indonesia kata Menulis (write), keterangan kapan menulisnya itu sama. Entah itu sekarang, kemarin, dan hal yg sudah selesai dikerjakan, itu semuanya adalah satu, dikemas dalam kata "Menulis".  Jadi tidak ada perubahan yang kita temui dalam bahasa Indonesia seperti  dari kata "Menulis" menjadi "Minilus", atau "Monulas". Intinya Indonesia tidak mengenal jenis perubahan waktu, semua sama. Itulah kenapa bahasa Indonesia itu lebih mudah dipelajari daripada bahasa Inggris.

Contoh kalimat nya :
I write a letter (Saya menulis surat) ==> Hari ini
I wrote a letterl (Saya menulis surat) ==> Kemarin
I have wriiten a letter (Saya sudah menulis surat) ==> Kejadian yang sudah selesai dikerjakan tapi tak memiliki waktu yang spesifik.
Catatan: spesial untuk kalimat bentuk ketiga (V3), sebelum kata tersebut selalui didahului dengan have/has/been. (Untuk lebih paham, silahkan buka : Belajar Present Perfect Tense)

Lalu apa itu Reguler dan Irreguler Verb?


Reguler jika kita terjamahkan berarti "Teratur". Sedangkan Irreguler adalah lawan dari Reguler yang artinya "Tidak Teratur". Ingat, untuk nmemudahkan kita memahami ke penjelasan selanjutnya, simpan baik-baik dikepala kalian bahwa Reguler itu teratur sedangkan Irreguler itu yang tidak teratur. Jika sudah di hafal, mari kita lanjut pada pembahasan lebih jauh..

1. Reguler

Sebelum saya bahas, saya ingin memberikan contoh kata-kata yang tergolong dalam kata reguler:
Walk=>Walked=>Walked
Dari contoh di atas, apa yang bisa kalian simpulkan? Benar, bahwa teratur yang dimaksud disini adalah kata yang perubahannya itu hanya cukup ditambahkan -ed. Seperti yang terlihat dari Walk=>Walked=>Walked. Nah contoh lain:
Study=>Studied=>Studied
Ini juga masih termasuk kata reguler. Sekali lagi, apa yang bisa Anda simpulkan?  Yap benar, kita cukup menambahkan -ed. Hanya saja pada kasus berikut, akhiran "y" harus diganti dengan "i" baru kemudian ditambah "-ed". Kalian nanti bisa mengembangkannya dengan melihat contoh-contoh kata reguler lebih banyak lagi disini : 734 Contoh Reguler Verb

2. Irreguler

Ok, sekarang Irreguler. Yap, semua sudah tahu bahwa irreguler itu tidak teratur. Coba lihat contohnya:
Drive => Drove=> Driven
Apa yang timbul dibenak kalian? Coba kaitkan, kenapa dinamakan tidak teratur? Yap, tepat! Karena memang perubahannya tidak memiliki aturan/standar tertentu yang bisa dipelajari yang mana ini hanya bisa diketahui kecuali kita menghafalnya. Itulah kenapa banyak yang bilang menghafal V1, V2, dan V3 itu susah. Yang susah nya itu pada bagian ini nih.. irreguler verb. Kalian bisa mengembangkannya dengan melihat Contoh Reguler dan Irreguler Verb 1 2 3 serta Artinya dalam Bahasa Inggris disini : 220 Contoh Irreguler Verb.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, semua perubahan kata yang hanya ditambahkan dengan -ed, itu berarti termasuk dalam kata kerja reguler atau kata kerja beraturan sedangkan yang bentuknya acak dikatakan dalam kelompok Irreguler. Semoga bermanfaat... :D

Tag:
contoh regular verb v1 v2 v3 dan artinya
contoh kalimat regular verb dalam bahasa inggris
regular and irregular verb dan artinya pdf
daftar regular and irregular verb dan artinya pdf
regular verb 1 2 3 ing dan artinya
regular and irregular verb list
irregular verb dan artinya yang sering digunakan
contoh soal regular dan irregular verb

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.